Rusia Lakukan Serangan Pertama ke Suriah - Kompas.com

Rusia Lakukan Serangan Pertama ke Suriah

Kompas.com - 01/10/2015, 03:20 WIB
AFP PHOTO / ABD DOUMANY Asap membumbung tinggi menyusul serangan udara oleh pasukan pemerintah Suriah di daerah yang dikuasai pemberontak di Douma, timur laut Damaskus, 5 Februari 2015.

KOMPAS.comRusia sudah mulai melancarkan serangan udara di Suriah sejak Rabu (30/9/2015). Serangan dilancarkan ke posisi-posisi penentang Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Serangan itu disebutkan menghantam kawasan yang dikuasai kelompok pemberontak di Provinsi Homs dan Hama, dan menimbulkan korban jiwa.

Amerika Serikat mengatakan telah mendapat informasi sebelum serangan itu berlangsung.

Para pejabat pertahanan Rusia mengatakan bahwa sasaran serangan udara ini adalah kelompok militan Negara Islam atau ISIS. Namun, seorang pejabat Amerika Serikat yang tidak disebutkan namanya menyebutkan kepada kantor berita Reuters bahwa sejauh ini tampaknya serangan bukan pada kawasan yang dikuasai ISIS.

Serangan pertama Rusia di Suriah ini dilakukan setelah parlemen menyetujui permintaan Presiden Vladimir Putin mengirim tentara ke negara lain.

Perang saudara di Suriah yang sudah memasuki tahun keempat ini melibatkan berbagai kelompok bersenjata yang berupaya menjatuhkan pemerintahan Presiden al-Assad.

Amerika Serikat dan sekutunya berpendapat Presiden al-Assad harus mengundurkan diri namun Rusia menegaskan untuk tetap mendukungnya.

Kelompok pegiat Suriah menyatakan bahwa serangan udara Rusia antara lain menghantam kota Zafaraneh, Rastan, dan Talbiseh yang menyebabkan jatuhnya 36 korban jiwa, termasuk anak-anak.

Mereka menambahkan tak satupun kawasan itu dikuasai oleh ISIS.

EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X