Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhan Malaysia Siap Kirim Pasukan untuk Atasi Kabut Asap di Indonesia

Kompas.com - 30/09/2015, 05:36 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

PUTRAJAYA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein menyatakan bahwa negeri jiran siap mengirimkan pasukan ke Indonesia untuk menyelesaikan masalah kabut asap.

“Saya bahkan lebih dari siap dan ingin untuk menolong. Karena secara pribadi sebagai penderita asma, saya sangat menderita akibat asap ini,“ tutur Menteri Hishammuddin. 

Menteri berumur 54 ini menyatakan, Malaysia dapat mengirimkan personel militernya untuk membantu Indonesia memadamkan titik api yang terus menjalar di kawasan Pulau Sumatra dan Kalimantan. Hishamuddin menyatakan, dia akan berkonsultasi juga dengan Pemerintah Singapura, mengenai bantuan apa yang sudah ditawarkan negara itu ke Indonesia.

“Hubungan saya dengan Menhan Ng (Ng Eng Hen) dan Menhan Ryamizard (Ryacudu) sangat dekat. Diperlukan upaya bersama untuk menyelesaikan masalah ini," tuturnya, dikutip dari Malay Mail Online.

Sepupu PM Najib Razak ini menuturkan, jika masalah kabut asap ini tidak segera diselesaikan, hubungan diplomatik antarnegara tetangga ini berpotensi terganggu.

Hishammuddin Hussein sebelumnya dikabarkan jatuh sakit akibat kabut yang hingga kini masih menyelubungi negeri jiran. (Baca juga: Terkena Dampak Kabut Asap, Menhan Malaysia Jatuh Sakit).

"Kabut masih sangat buruk, saya telah kehilangan suara saya dan hidung juga tersumbat," kata Hishamuddin melalui akun Twitter-nya, Minggu (28/9/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com