Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengawal Osama bin Laden Dibebaskan

Kompas.com - 23/09/2015, 15:09 WIB
KOMPAS.com — Seorang warga Arab Saudi yang disebutkan pernah bekerja sebagai pengawal Osama bin Laden telah dibebaskan dari kamp tahanan Guantanamo Bay, kata Pentagon.

Abdul Shalabi (39) langsung diterbangkan kembali ke negerinya, Arab Saudi.

Shalabi ditangkap tentara Pakistan tahun 2001 dan dikirim ke pangkalan militer AS di Guantanamo, Kuba. Di Guantanamo, ia sempat melancarkan aksi mogok makan menentang penahanannya.

Kini di Guantanamo masih ada 114 tahanan, termasuk 52 orang yang sudah disetujui untuk dikembalikan ke negeri masing-masing.

Sebuah panel yang mengkaji kasus ini mengambil keputusan bahwa tidak ada perlunya lagi menahan Shalabi, kendati disebutkan bahwa lelaki itu kemungkinan besar masih mendukung kaum ekstremis.

Shalabi, yang tak pernah resmi didakwa, akan menjalani program rehabilitasi bagi para militan di Arab Saudi.

Presiden Barack Obama bertekad untuk menutup penjara itu sebelum masa jabatannya berakhir tahun 2017, tetapi mendapat penentangan di Kongres.

Sebelumnya, pekan lalu, seorang tahanan warga Maroko, Younis Abdurrahman Chekkouri, juga sudah dikirim kembali ke negerinya, sebut Pentagon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com