Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tanker Terbakar di Sudan Selatan, 170 Orang Tewas

Kompas.com - 18/09/2015, 20:33 WIB
SUDAN, KOMPAS.com - Setidaknya 170 orang tewas dalam peristiwa ledakan kapal tanker pengangkut minyak di Sudan Selatan, seperti disampaikan pejabat setempat.

Kapal tanker tersebut disandarkan di dekat jalan raya di Maridi, negara bagian Western Equatoria, dan penduduk lokal memindahkan pipa bahan bakar ketika ledakan terjadi.

Setidaknya 50 orang terluka dalam peristiwa itu dan penyebab kebakaran belum diketahui..

Rumah sakit lokal kewalahan mengatasi para korban dan pejabat negara telah meminta bantuan kepada Palang Merah dan PBB.

Kapal tanker tersebut bertolak dari ibu kota Juba dan berjarak sekitar 250 km dari Maridi, ketika mengenai jalan raya dan terbalik.

Seorang pejabat, Maradi Wilson Thomas Yanga, mengatakan kepada program "BBC Focus on Africa", ketika pengemudi kapal berupaya mencari pertolongan ke kota terdekat, penduduk lokal naik ke tanker untuk mengambil angkutan bahan bakar.

Pasokan kesehatan minim

Yanga mengkonfirmasi jumlah korban tewas mencapai 176 orang, dan pejabat setempat khawatir banyak korban luka yang tidak diketahui karena mereka telah meninggalkan lokasi.

Para dokter dan staf medis diterbangkan dari berbagai wilayah di negara tersebut untuk membantu keadaan darurat, tambah dia.

Dokter setempat, Chandi Savior, mengatakan kepada Radio Tamazuj bahwa pasokan dasar alat kesehatan sangat sedikit, seperti oksigen dan obat penghilang rasa sakit.

Sudan Selatan menjadi negara yang independen pada 2011, setelah terjadi kesepakatan damai dengan Sudan yang menghentikan perang sipil terlama di Afrika.

Negara ini merupakan salah satu yang termiskin di Afrika, dan lebih dari 2,2 juta orang dipaksa untuk mengungsi dari rumah mereka karena konflik antara faksi pasukan pemerintah dan pemberontak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com