Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tsunami dari Gempa Chile Capai Jepang

Kompas.com - 18/09/2015, 19:16 WIB
JEPANG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Jepang sebelumnya mengeluarkan peringatan tsunami pada Jumat (18/9/2015) untuk pantai Jepang di sisi Pasifik, dari Hokkaido di utara hingga Okinawa di Selatan.

Pejabat badan itu, Yohei Hasegawa, mengatakan ombak tersebut mencapai Jepang utara terlebih dahulu, lalu bergerak ke arah barat-daya. Ia mengatakan, badan itu memperkirakan pembesaran ombak untuk sementara akan terus berlangsung dan dapat sampai setinggi satu meter. Pihaknya mengimbau penduduk agar menjauhi pantai.

Ombak yang lebih kecil telah dideteksi di seluruh negara itu. Satu ombak sampai 40 sentimeter direkam di Erimo, pulau Hokkaido, dan satu lagi sampai 20 sentimeter di Fukushima.

Tidak ada cedera atau kerusakan dilaporkan akibat ombak tersebut, tetapi beberapa kota pantai telah mengeluarkan anjuran pengungsian sebagai langkah berjaga-jaga.

Pantai-pantai utara Jepang, terutama yang di Iwate, telah terkena tsunami yang ditimbulkan gempa-bumi dekat Chili pada waktu lalu. Tahun 1960, tsunami yang melampaui lima meter melanda daerah itu, yang menewaskan 139 orang. (gp)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com