Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuba Tunjuk Dubes Pertama untuk AS Setelah 54 Tahun

Kompas.com - 18/09/2015, 14:45 WIB
HAVANA, KOMPAS.com — Diplomat veteran Jose Cabanas, Kamis (17/9/2015), menjadi duta besar pertama Kuba untuk Amerika Serikat setelah 54 tahun berkat membaiknya hubungan antara kedua negara yang bermusuhan selama "perang dingin" tersebut.

Cabanas, yang pernah memimpin kedutaan besar de facto Havana di Washington sejak 2012 dan menjadi kuasa usaha ketika hubungan kedua negara secara normal diresmikan kembali pada 20 Juli, menyampaikan mandatnya kepada Presiden AS Barack Obama.

"Acara penyerahan mandat berlangsung di kantor Oval Gedung Putih, kantor Presiden AS, pada hari yang sama saat Presiden Obama menerima 16 duta besar baru," tulis pernyataan dari Kedutaan Besar Kuba.

Akreditasi Duta Besar Kuba untuk Amerika Serikat adalah langkah lanjutan dalam proses normalisasi hubungan kedua negara, dan menambahkan bahwa Cabanas dan Obama berdiskusi tentang kondisi hubungan bilateral.

Washington belum mengumumkan nama duta besar untuk Kuba. Sebelum normalisasi hubungan, Amerika dan Kuba tidak mempunyai hubungan diplomatik sejak tahun 1961, dua tahun setelah revolusi yang membawa Presiden Fidel Castro berkuasa.

Gedung Putih mengonfirmasi status Cabanas dalam pernyataan singkat yang menyebutkan 16 duta besar yang baru diakreditasi. Dalam karier diplomatiknya yang panjang, Cabanas juga pernah menjadi utusan Kuba untuk Austria dan menjabat Wakil Menteri Luar Negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com