Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Anggota Jemaah WNI Meninggal akibat "Crane" Jatuh di Masjidil Haram

Kompas.com - 12/09/2015, 00:58 WIB
Hindra Liauw

Penulis

Sumber Antara

MEKKAH, KOMPAS.com — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, ada 20 anggota jemaah calon haji Indonesia yang menjadi korban luka dan satu anggota jemaah meninggal akibat alat berat proyek (crane) jatuh di Masjidil Haram, Mekkah, Jumat (11/9/2015), menyusul hujan deras disertai angin kencang.

"Kejadian ini memang luar biasa," ujar amirul hajj itu dalam pembicaraan via telepon dengan tim Media Center Haji (MCH) di Mekkah, Jumat malam.

Ia mengiyakan, alat berat yang digunakan untuk perluasan Masjidil Haram terjatuh akibat hujan deras dan angin kencang di Mekkah.

"Ada jemaah kita sebanyak 20 orang yang terluka, dan sudah dibawa ke rumah sakit di Jiyad, Arab Saudi," kata Menteri Agama (Menag).

Selain itu, dia mengaku menerima informasi bahwa ada satu anggota jemaah yang meninggal. Namun, ia masih membutuhkan data rinci terkait nama dan embarkasi anggota tersebut.

"Keluarga di Indonesia harap tetap tenang karena korban luka sudah ditangani dokter yang profesional," ujarnya.

Menag juga mengimbau agar jemaah yang akan melaksanakan umrah qudum (kedatangan) menunda dulu ibadahnya sampai situasi di Masjidil Haram dinyatakan aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com