Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Dilanda Banjir Besar, 90.000 Warga Mengungsi

Kompas.com - 10/09/2015, 19:19 WIB
JEPANG, KOMPAS.com — Banjir yang mencakup area luas dan longsor di kawasan timur laut Jepang memaksa lebih dari 90.000 orang meninggalkan rumah mereka.

Kota Joso di utara Tokyo dihantam empasan air bah setelah arus Sungai Kinugawa meluap. Helikopter-helikopter tim penyelamat menjemput banyak warga yang menyelamatkan diri ke atap-atap rumah. Seorang warga dilaporkan hilang dan setidaknya 12 orang terluka.

Hujan lebat mengguyur selama sehari setelah badai tropis membawa angin kencang berkekuatan 125 km per jam ke kawasan Aichi.

"Hujan begitu lebat ini belum pernah terjadi sebelumnya. Kami bisa katakan bahwa ini situasi yang abnormal dan bahaya mengancam sewaktu-waktu," kata Takuya Deshimaru, Kepala Perkiraan Cuaca Dinas Meterologi Jepang.

Ibaraki dan Tochigi adalah dua prefektur, wilayah administrasi, yang paling keras dihantam. Dinas meteorologi menempatkan dua daerah itu di tingkat siaga tertinggi.

Gambar-gambar di televisi memperlihatkan warga kota Joso di perfektur Ibaraki yang berada di atap-atap rumah sebelum helikopter penyelamat mengangkut mereka dari udara.

Rumah-rumah dan kendaraan dihanyutkan air bah dari Sungai Kinugawa yang meluap hebat setelah hujan lebat selama dua hari.

Bulan lalu, Jepang dilanda topan Goni, menewaskan seorang warga dan melukai 70 orang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com