Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Elizabeth II, Penguasa Inggris Terlama

Kompas.com - 09/09/2015, 22:34 WIB
INGGRIS, KOMPAS.com — Ratu Elizabeth II mengucapkan terima kasih atas berbagai pesan dan ucapan selamat "yang menyentuh" setelah ia tercatat sebagai penguasa terlama dalam sejarah kerajaan Inggris.

Saat berbicara dalam satu acara di Skotlandia, Rabu (9/9/2015), Ratu mengatakan, pencapaian sebagai penguasa terlama "bukan sesuatu yang ia kejar".

"Tidak bisa dihindari, dengan umur panjang, kita bisa mencapai banyak hal. Namun, (tetap saja) saya (merasa perlu) mengucapkan terima kasih untuk semua pihak, baik di Inggris maupun di luar negeri, atas pesan-pesan menyentuh yang mereka kirim," kata Ratu berusia 89 tahun ini.

Ratu menyempatkan diri berbicara dengan anggota masyarakat dalam acara di Skotlandia.

Pada Rabu pukul 17.30 waktu setempat, Ratu telah berkuasa selama 63 tahun dan tujuh bulan atau setara dengan 23.226 hari, 16 jam, dan 30 menit, melampaui rekor yang dicatat oleh nenek buyutnya, Ratu Victoria.

Untuk menandai pencapaian ini, Istana Buckingham di London mengeluarkan dua foto Ratu baru yang diambil oleh fotografer Mary McCartney.

Foto itu diambil di ruang kerja pribadi di Istana Buckingham yang biasa dipakai untuk menerima perdana menteri dan kepala negara dari seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com