Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2015, 17:49 WIB
KOMPAS.com — Sebuah pesawat liburan dari maskapai Jet2.com tujuan kepulauan Tenerife, Spanyol, terpaksa mendarat darurat di bandara Faro, Portugal. Sang pilot memutuskan mengalihkan pesawat yang berangkat dari Glasgow, Skotlandia, itu karena ulah 14 penumpangnya yang mabuk dan membuat gaduh.

"Penerbangan dari Glasgow menuju Tenerife dialihkan ke Faro pada Jumat malam sehingga pihak maskapai bisa mengeluarkan 14 penumpang yang bikin gaduh itu," kata juru bicara Jet2.com.

Menurut pihak maskapai, perilaku 14 orang itu sudah keterlaluan. Mereka bertindak agresif dan kerap menghina kru pesawat sehingga sang kapten membuat keputusan untuk mendarat darurat demi keselamatan penumpang.

Setelah mendarat, 14 penumpang itu kemudian digiring aparat kepolisian setempat untuk diperiksa, sementara pesawat yang sempat delay selama 3 jam itu kembali terbang menuju destinasi wisata Tenerife di Spanyol. Para penumpang yang bikin gaduh itu diberi sanksi larangan ikut terbang selama seumur hidup.

Maskapai Jet2.com memiliki kebijakan untuk tidak memberikan toleransi (zero tolerance) bagi penumpang yang mabuk dan kerap membuat kegaduhan. Kru pesawat juga diminta bertindak cepat dalam menangani penumpang yang mengganggu. Pilot pun punya kewenangan untuk melakukan pendaratan darurat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com