Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Imam Masjid Ditembak Mati di Rusia

Kompas.com - 09/09/2015, 16:54 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Seorang imam masjid di Kaukasus Utara, Rusia, ditembak mati oleh dua orang tak dikenal, Rabu (9/9/2015) waktu setempat. Aksi pembunuhan ini merupakan peristiwa terbaru di daerah yang terkenal dengan gejolak pemberontakan Islam.

Korban bernama Magomed Khidirov (34), seorang imam masjid di daerah Kurush, wilayah Dageston yang berbatasan dengan Chechnya. Dia ditembak oleh dua pria ketika korban hendak melaksanakan shalat subuh. Korban tewas di lokasi kejadian, sementara kedua pelaku langsung kabur.

"Dua pria tak dikenal yang bertopeng menembak imam tersebut dengan pistol," kata pernyataan dari Komite Investigasi yang menangani kasus besar di negara itu.

Khidirov dikenal karena pidatonya yang menebarkan ajaran Islam tradisional moderat, terutama kepada kaum muda di Kaukasus. Dia juga mengelola sebuah televisi online sebagai media dakwahnya.

Dagestan merupakan sarang kelompok Islam ekstremis dan menjadi target pendakwah dari Islam moderat. Pada 2012, sebuah bom bunuh diri telah membunuh enam orang, salah satunya ulama terkemuka, Said Afandi. Bulan lalu, sebuah serangan telah membunuh imam masjid berusia 32 tahun, Zamirbek Makhmutov, di wilayah Stavropol. Lalu, seorang pendakwah, Rasul Gamzatov, ditembak mati di kawasan itu.

Rusia berusaha menumpas pemberontakan kelompok Islam sejak dua peperangan di Chechnya.

Kelompok Islam di Kaukasus Utara sempat bersatu di bawah organisasi Emirat Kaukasus lokal, tetapi sekarang pecah dan sebagian bergabung dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com