Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Austria: Lawan ISIS Membutuhkan Assad, Iran, dan Rusia

Kompas.com - 08/09/2015, 19:01 WIB
KOMPAS.com — Barat harus melibatkan Presiden Suriah Bashar al-Assad dan sekutunya, Iran serta Rusia, dalam melawan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Pernyataan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Austria Sabastian Kurz kepada wartawan saat mengunjungi Teheran, Selasa (8/9/2015).

"Menurut saya, yang menjadi prioritas sekarang adalah perang melawan teror. Ini tidak akan mudah dilakukan tanpa kekuatan-kekuatan seperti Iran dan Rusia," kata Kurz.

"Dalam hal ini, kita butuh pendekatan umum pragmatis, termasuk pelibatan Assad, dalam peperangan melawan teror ISIS," kata dia.

Di bagian lain, tentara Mesir melancarkan "operasi militer besar-besaran" melawan militan ISIS. Operasi itu menewaskan 29 militan. Demikian pernyataan sumber militer Mesir dikutip AFP.

Menurut sumber itu, operasi militer tersebut bertujuan "melenyapkan unsur-unsur teroris di kota-kota Sinai utara, seperti Rafah, Sheikh Zuweid dan El-Arish".

Sementara itu, kelompok afiliasi ISIS di Sinai mengklaim telah membunuh dua tentara Mesir dengan bom ketika keduanya konvoi meninggalkan basis militer.

Mesir berjuang melawan pemberontakan di semenanjung sejak militer menggulingkan Presiden Muhammad Mursi pada 2013 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com