Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Mesin Bermasalah, Pesawat TransAsia Mendarat Darurat di Sungai

Kompas.com - 08/09/2015, 16:57 WIB
TAIWAN, KOMPAS.com — Pesawat TransAsia terpaksa mendarat di Taiwan dengan satu mesin setelah mesin yang satunya lagi tak berfungsi, Selasa (8/9/2015) pagi.

Pesawat dengan nomor penerbangan GE505 itu berangkat dari Bandara Songshan, Taipei, pada pukul 07.55 waktu setempat. Sekitar pukul 08.36, terjadi masalah pada minyak pelumas di dalam mesin nomor 2. Demikian dilaporkan Focus Taiwan.

Berdasarkan standar prosedur, pilot mematikan mesin yang bermasalah itu dan mendarat di Bandara Magong di Kepulauan Penghu pada pukul 08.55. Pesawat jenis ATR 72-500 itu membawa 22 penumpang dan semuanya dalam keadaan selamat.

Akibat kejadian itu, dua penerbangan menuju antara Magong dan Kaohsiung dibatalkan.

Pada Februari lalu, 43 orang tewas setelah pesawat yang mereka tumpangi jatuh di Sungai Keelung di Taipei setelah salah satu mesinnya mati. Sebuah investigasi menunjukkan bahwa pilot telah melakukan kesalahan fatal mematikan mesin yang sedang menyala setelah satu mesin lagi tidak berfungsi.

Sekitar setahun lalu, pesawat TranAsia ATR 72-500 jatuh setelah berusaha mendarat di Kepulauan Penghu dan menyebabkan 48 dari 58 penumpang tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com