Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa 3 Astronot, Pesawat Soyuz Tiba di Stasiun Antariksa

Kompas.com - 05/09/2015, 12:04 WIB

Pesawat antariksa milik Rusia, Soyuz, yang membawa tiga awak internasional telah tiba di Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Pesawat itu membawa astronot pertama Denmark, Andreas Mogensen dari Badan Antariksa Eropa; Sergei Volkov dari Roscosmos Rusia; dan Aidyn Aimbetov dari Badan Antariksa Kazakhstan.

Dengan kehadiran tiga awak baru, jumlah awak stasiun antariksa untuk pertama kalinya mencapai sembilan orang sejak November 2013.

Pengendali Misi Rusia mengatakan, Soyuz mendarat tepat waktu, kira-kira 51 jam setelah diluncurkan pada Rabu (2/9/2015) lalu dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan, tempat peluncuran yang dioperasikan Rusia.

Badan Antariksa Federal Rusia telah mengubah rute penerbangan ke stasiun antariksa, dengan mengambil rute berbeda dengan rute yang dilalui selama dua tahun terakhir, dengan alasan keamanan setelah Stasiun Antariksa Internasional terpaksa menyesuaikan orbitnya untuk menghindari sampah antariksa.

Mogensen dan Aimbetov akan kembali ke Bumi tanggal 12 September bersama kosmonot kawakan Rusia, Gennady Padalka, yang telah bekerja di ISS sejak Maret. Padalka akan tercatat sebagai orang yang paling lama tinggal di antariksa, yakni 878 hari.

Sementara Volkov akan mendarat Maret tahun depan bersama astronot NASA Scott Kelly dan Mikhail Kornienko dari Rusia, yang akan berada satu tahun di antariksa pada waktu kembali ke Bumi nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com