Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahasa Indonesia Jadi Pelajaran SD di Australia

Kompas.com - 04/09/2015, 04:20 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran wajib sekolah dasar di Australia, selain bahasa wajib Bahasa Inggris, di Newport Lakes Primary School (NLPS).

Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2013, Cepri Maulana di Bandung, Kamis, mengatakan pada Juli hingga Agustus 2015 dia berkesempatan menjadi guru penutur Bahasa Indonesia di NPLS. Ternyata, di sana bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran wajib.

"Mereka menyadari Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang dan berpotensi menjadi negara kuat serta berpengaruh di masa yang akan datang," kata dia menirukan perkataan pihak NPLS, Kamis (3/9/2015).

Menurut Cepri, Bahasa Indonesia memiliki keunggulan, yakni lebih mudah dipelajari ketimbang bahasa populer di dunia, seperti Inggris, Perancis, atau Jerman.

"Apa yang ditulis sama dengan yang diucapkan, dalam bahasa Indonesia juga tidak dikenal strata sehingga satu kata bisa digunakan pada setiap momen dan pada semua orang, tidak ada tenses yang rumit seperti Bahasa Inggris," kata mahasiswa jurusan bahasa Inggris itu.

Ia berkesempatan mengajar bahasa di Australia dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan pihak UPI bekerja sama dengan Newport Lakes Primary School (NLPS) dan Balai Bahasa dan Budaya Indonesia Vicrotia/Tasmania (BBBIVT).

"Peserta melewati beberapa tahap seleksi dan saya waktu itu lolos, program ini membuat saya semakin bangga berbahasa Indonesia," katanya.

Ia menyayangkan penggunaan Bahasa Indonesia yang kerap dianggap kurang "gaul" ketimbang Bahasa Inggris di kalangan anak muda Indonesia, terutama pada media sosial.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com