Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Domba "Gondrong" Asal Australia Dicukur, Hasilkan 40 Kg Bulu

Kompas.com - 03/09/2015, 22:07 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Seekor domba yang diyakini adalah domba dengan bulu paling banyak di dunia akhirnya dicukur. Bobot bulunya menghasilkan sebuah rekor baru dunia.

Domba "super-gondrong" itu dicukur oleh Ian Elkins, juara Australia dalam mencukur bulu domba. Hasilnya, Ian mencukur 40-45 kilogram bulu domba, sekaligus memecahkan rekor dunia.

Sebelumnya, bulu yang terlalu banyak membuat domba itu tak bisa berjalan dengan leluasa. Akibatnya, domba itu terpisah dari kelompoknya. Dia ditemukan oleh seorang pejalan kaki di pinggiran kota Canberra, Australia.

Setelah domba ini ditemukan, komunitas pencegah kekerasan terhadap hewan, RSCPA, memeriksa kondisi kesehatan hewan ini. Hasilnya, RSCPA khawatir dengan bulu yang terlalu banyak tersebut sehingga nyawa domba itu malah terancam.

Akhirnya, RSCPA meminta agar Ian Elkins turun tangan untuk mencukur bulu domba "super-gondrong" ini. Ian akhirnya turun tangan. Namun, dia memerlukan bantuan empat pria dewasa untuk memegangi si domba.

Ian mulai mencukur pada pukul 09.00 waktu setempat, dan bisa menyelesaikan tugasnya dalam 45 menit. Setelah tugas itu selesai, Ian yakin jumlah bulu domba itu sama dengan bulu yang dicukurnya selama tujuh tahun, dan memiliki berat dua kali lipat dibanding berat tubuh si domba.

Bobot bulu dari domba yang kemudian diberi nama Chris tersebut mengalahkan bulu yang dihasilkan Shaun dari Tasmania (23,5 kilogram) dan Shrek dari Selandia Baru (27 kilogram).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com