Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pikat Banyak Donor Sperma, Inggris Gelar Kampanye dengan Tema "Superman"

Kompas.com - 01/09/2015, 21:11 WIB
INGGRIS, KOMPAS.com — Bank Sperma Nasional Inggris berencana melakukan kampanye baru yang radikal demi menarik lebih banyak donor sperma. Hal itu dilakukan karena sejak dibuka 11 bulan lalu, bank sperma hanya mendapatkan 9 laki-laki donor.

Kepala Pelaksana Bank Sperma Nasional Laura Witjens, dikutip The Telegraph, mengatakan, pihaknya akan mengadopsi cara yang digunakan Denmark dalam menarik pria untuk menjadi donor sperma, yakni dengan menonjolkan kejantanan.

"Jika iklan saya menyatakan, 'Bung, buktikan bahwa kamu layak, tunjukkan betapa kamu hebat', maka saya akan mendapatkan ratusan donor," kata Witjens.

Witjens mengatakan, keputusan bank sperma menggunakan tema "Superman" mengandung pesan serius, yakni donor harus memiliki sperma yang kuat sehingga bisa bertahan dalam proses pembuahan.

"Jika 100 laki-laki diperiksa, maka 10 yang lolos proses penyaringan, dan mungkin hanya satu yang menjadi donor. (Makanya kami) membutuhkan ratusan pria (calon donor)," kata dia.

Bank sperma nasional mengalami kekurangan donor sejak dibuka pada Oktober 2014 lalu. Pada Juni 2015, bank sperma mengungkapkan bahwa kendati 100 pria menawarkan diri untuk penyaringan sperma, hanya lima yang lolos, dan spermanya dinyatakan bersih untuk didonasikan. Mereka yang gagal dalam proses penyaringan disebabkan oleh faktor usia dan riwayat medis.

Soal bayaran bagi donor sperma, Witjens menolak desakan untuk menaikkan harga. Pihaknya tetap akan membayar 35 pound atau setara Rp 750.000 per donor. Sebab, kata Witjens, jika harganya dinaikkan, maka nantinya bakal muncul perspesi bahwa menjadi donor sperma adalah cara mudah untuk mencari uang sehingga banyak pria yang berusaha memanipulasi kondisi kesehatannya demi lolos penyaringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com