Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Perang Dunia II, Perusahaan di China Bikin Es Krim Bentuk Kepala Penjahat Perang Jepang

Kompas.com - 01/09/2015, 18:10 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Ketika Beijing sedang bersiap menjadi tuan rumah parade militer besar-besaran dalam merayakan berakhirnya perang Dunia Kedua, sebuah perusahaan di Shanghai memiliki cara lain dalam memperingati peristiwa tersebut.

Perusahaan tersebut membuat dan menjual es krim berbentuk kepala penjahat perang sekaligus pemimpin militer Jepang, Jenderal Hideki Tojo.

Jenderal Tojo adalah Perdana Menteri terkenal pada masa Perang Dunia Kedua. Dia dihukum mati dengan cara digantung pada tahun 1948. Dia salah satu penjahat perang yang diabadikan di Kuil Yasukuni Tokyo.

Es krim sebagai makanan penutup itu dijual di outlet-outlet Iceason, brand yang dimiliki sebuah perusahaan susu makanan milik negara di Shanghai, Bright Food.

Di setiap outlet itu terpampang sebuah poster promosi yang mengajak konsumen agar "Jangan pernah melupakan gigi nasional". Kalimat tersebut merupakan plesetan dari "Jangan pernah melupakan penghinaan nasional", sebuah slogan nasional populer yang menekankan pelanggaran kekuasaan asing di China selama abad 19 dan 20.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com