Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.560 Migran Tiba di Wina, Terbesar Sepanjang Tahun Ini

Kompas.com - 01/09/2015, 15:00 WIB
WINA, KOMPAS.com - Sebanyak 3.650 migran sudah tiba di Wina, Austria, dengan menumpangi kereta, Senin (31/8/2015). Jumlah tersebut terbanyak sepanjang tahun ini. Demikian disampaikan kepolisian Austria dikutip AFP.

Lonjakan pengungsi tersebut terjadi setelah otoritas negara Hongaria mengizinkan orang-orang yang terjebak di kamp pengungsian untuk meninggalkan Budpest kendati kebanyakan dari mereka tidak memiliki visa Uni Eropa.

"Kami masih dalam proses verifikasi berapa dari mereka yang benar-benar pencari suaka," kata juru bicara kepolisian Austira, Patrick Maierhofer kepada AFP.

Kebanyakan dari para pengungsi tersebut tidur di stasiun Westbahnhof. Mereka berharap bisa melanjutkan perjalanan ke Jerman yang minggu kemarin menghapus pembatasan suaka bagi pengungsi Suriah.

Eropa menjadi tujuan terbesar pengungsi sejak Perang Dunia II. Tahun ini pengungsi yang masuk ke Eropa mencapai 300.000 orang. Kebanyakan dari mereka adalah pengungsi akibat perang, pembantaian dan kemiskinan di Timur Tengah serta Afrika.

Sementara itu, sebagai bentuk dukungan terhadap pengungsi, sebanyak 20.000 orang turun ke jalan-jalan Wina untuk protes perlakuan buruk terhadap mereka, sementara pejabat senior pemerintah menghadiri kebaktian di sebuah gereja untuk 71 orang yang ditemukan tewas di sebuah truk yang ditinggalkan. [Baca juga: Puluhan Jasad Migran Ditemukan di Dalam Sebuah Truk di Austria]


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com