Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organ Tubuh Manusia Dijual di Toko "Online" eBay

Kompas.com - 31/08/2015, 17:49 WIB
KOMPAS.com — Sisa-sisa organ tubuh asli manusia sempat dijual di situs toko online eBay. Namun, setelah hal tersebut terungkap oleh situs berita Mirror, iklan itu dihapus.

Organ tubuh manusia yang diperdagangkan tersebut di antaranya tengkorak dan tulang-tulang, termasuk tulang belakang. Organ dijual hingga ribuan pound. Iklan penjualan organ tubuh yang diklaim dari bayi yang keguguran itu dipampangkan di samping DVD, perlengkapan gym, dan pakaian. Pengiklan berasal dari Amerika Serikat, India, atau China. Sebagian besar akan dikirim ke Inggris.

Berdasarkan investigasi Mirror, organ tubuh yang dijual sebanyak 40 bagian. Organ-organ tersebut dijual mulai dari 380 pound atau Rp 8,2 juta hingga 4.000 pound atau setara Rp 86 juta. Harga yang terakhir disebutkan berlaku untuk kerangka janin.

Memang, eBay mengeluarkan aturan bagi pengiklannya untuk menjual organ tubuh asli. Namun, yang membingungkan, dalam aturan tersebut terdapat pengecualian, "kulit kepala, tengkorak, dan kerangka yang ditujukan untuk penggunaan medis".

Ketika dikonfirmasi oleh Mirror, eBay berjanji akan menghapus iklan mengerikan tersebut.

"Di Inggris, eBay melarang penjualan kerangka manusia, tengkorak, dan tulang, tak peduli apakah itu untuk penggunaan medis atau bukan," kata seorang juru bicara Mirror.

Di Inggris, penjualan organ tubuh asli manusia diatur di bawah undang-undang jaringan manusia atau Human Tissues Act 2004. Di dalam aturan tersebut terdapat klausul bahwa "perbuatan memperjualbelikan organ tubuh manusia untuk kepentingan transplantasi adalah sesuatu yang melanggar hukum".


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com