Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Hukum 197 Orang yang Sebarkan Rumor Kejatuhan Pasar Saham

Kompas.com - 31/08/2015, 10:59 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Pemerintah China menghukum 197 orang atas tuduhan menyebarkan rumor di dunia maya mengenai kejatuhan pasar saham dan ledakan di kota Tianjin.

Mereka dituding mengedarkan sejumlah berita tak benar, misalnya seorang pria yang melompat bunuh diri di Beijing akibat jatuhnya nilai saham-saham.

Beberapa di antara mereka juga dituding mengembuskan laporan bahwa sebanyak 1.300 orang meninggal dalam ledakan di Tianjin. Padahal, menurut versi pemerintah, sebanyak 150 orang meninggal dalam ledakan itu, sedangkan 23 lainnya hilang.

Sebagaimana dilaporkan kantor berita Xinhua, ada pula yang menyebarkan "gosip bernada hasutan mengenai peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Dunia II".

Dari ratusan orang yang dihukum, menurut kantor berita Xinhua, terdapat seorang wartawan dan pejabat pasar saham.

Wartawan bernama Wang Xiaolu tersebut dituding "menebar informasi palsu" mengenai penurunan saham.

Kantor berita Xinhua menyebut Wang telah mengaku dia "menulis laporan palsu tentang pasar saham China berdasarkan kata-kata orang dan tebakan subyektif tanpa melakukan verifikasi".

Pemerintah China selama ini mengatur pemberitaan secara ketat.

Pada 2013, aparat China memberlakukan ancaman hukuman penjara selama tiga tahun atas perbuatan menyebarkan rumor. Hukuman itu berlaku bagi siapa pun yang menebar rumor di internet yang dibagi 500 kali atau dilihat sebanyak 5.000 kali.

Tahun lalu, seorang bloger bernama Qin Zhihui dihukum tiga tahun atas tuduhan tersebut. Sebagaimana diberitakan stasiun televisi CCTV, Qin dinyatakan bersalah karena "membuat pernyataan keliru" serta "mencari keributan dan memprovokasi".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com