Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ladang Gas Besar Ditemukan di Lepas Pantai Mesir

Kompas.com - 31/08/2015, 04:00 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan energi Italia, Eni, mengatakan telah menemukan salah satu ladang gas alam terbesar di dunia di lepas pantai Mesir.

Eni mengatakan, ladang gas Zohr berada sekitar 1.500 meter di bawah permukaan dan kemungkinan memiliki cadangan gas sebesar 850 miliar meter kubik.

Direktur Utama Eni, Claudio Descalzi, mengatakan ladang baru ini bisa menjadi salah satu temuan gas alam terbesar di dunia dan akan membantu kebutuhan gas Mesir selama beberapa dekade.

"Ini adalah penemuan bersejarah yang akan mampu mengubah skenario energi di Turki," ujar Descalzi.

Kelompok usaha energi Eni yang memiliki hak konsesi penuh, adalah perusahaan energi asing terbesar di Afrika.

Juni lalu Eni menandatangani kesepakatan eksplorasi energi dengan Kementerian Perminyakan Mesir senilai 2 miliar dollar AS, yang membuat perusahaan ini memegang hak eksplorasi di Sinai, Teluk Suez, dan kawasan Delta Nil.

Sebelumnya telah ditemukan beberapa ladang gas besar di kawasan Mediterania dalam beberapa tahun terakhir, termasuk di antaranya di negara tetangga Mesir, Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com