Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Penampungan Pengungsi di Jerman Dibakar Secara Sengaja

Kompas.com - 26/08/2015, 04:08 WIB

KOMPAS.com - Polisi di Jerman mengatakan, sebuah aula sekolah yang sekiranya akan dijadikan sebagai tempat penampungan sementara bagi para pencari suaka habis terbakar.

Penyelidik percaya bahwa kebakaran di Nauen, sebelah barat Berlin dilakukan dengan sengaja. Tak ada yang terluka oleh peristiwa ini.

Sebelumnya, kelompok ultra kanan telah melakukan demonstrasi menentang pencari suaka di kawasan itu.

Kanselir Jerman Angela Merkel telah mengutuk aksi kekerasan terhadap penampungan pencari suaka di kota Heidenau di dekat Dresden pada akhir pekan lalu. Puluhan polisi terluka akibat bentrokan tersebut.

Merkel menggambarkan perilaku kelompok ultra kanan itu sebagai "memalukan" dan "menjijikkan". Ia berkata akan mengunjungi kota itu hari Rabu (26/08).

Jerman saat ini mengantisipasi kedatangan sekitar 800.000 orang pencari suaka pada akhir tahun 2015.

Koresponden BBC menyatakan bahwa kebanyakan orang Jerman menyambut baik kedatangan pencari suaka, dan hanya sebagian kecil minoritas saja yang bersuara keras menentang.

Gedung lain yang direncakan untuk menjadi penampungan pencari suaka juga terbakar di kota Weissach im Tal dekat Stuttgart hari Senin (24/08) lalu.

Polisi juga menyelidiki kemungkinan gedung itu dibakar dengan sengaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com