Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boko Haram Sergap Konvoi Panglima AD Nigeria, 1 Tewas

Kompas.com - 24/08/2015, 17:24 WIB

ABUJA, KOMPAS.com — Sekelompok orang yang diduga anggota kelompok militan Boko Haram menyergap konvoi kendaraan yang membawa Kepala Staf Angkatan Darat Nigeria. Demikian keterangan Angkatan Darat Nigeria, Senin (24/8/2015).

Juru bicara Angkatan Darat Nigeria mengatakan, penyergapan terjadi sekitar 45 kilometer sebelah timur ibu kota negara bagian Borno, Maiduguri, pada Sabtu (22/8/2015).

Kepala Staf AD Nigeria, Jenderal Tukur Buratai, yang ada di dalam konvoi tersebut, tidak mengalami cedera akibat serangan itu. Namun, satu orang prajurit Nigeria dan lima anggota Boko Haram tewas.

Surat kabar Premium Times melaporkan, saat serangan terjadi, Jenderal Buratai memerintahkan iring-iringan kendaraan berhenti sehingga para tersangka pelaku penyergapan bisa ditangkap hidup-hidup.

Jenderal Buratai menempati jabatan tertinggi AD Nigeria pada Juli lalu setelah Presiden Nigeria Muhammadu Buhari memecat semua petinggi militer karena tidak mampu meredam pemberontakan Boko Haram.

Setelah diangkat, Jenderal Buratai memberi tenggat waktu kepada bawahannya untuk memberangus Boko Haram dalam kurun tiga bulan. Boko Haram mulai angkat senjata untuk mendirikan negara Islam di bagian utara Nigeria sejak 2009.

Namun, selama beberapa bulan terakhir, kelompok tersebut mulai kehilangan wilayahnya lantaran pasukan multinasional yang terdiri dari militer gabungan negara-negara tetangga Nigeria meningkatkan gempuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com