Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolam Renang "Menjembatani" Gedung di London

Kompas.com - 21/08/2015, 16:26 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Kolam renang sepanjang 25 meter akan berfungsi sebagai 'jembatan' dengan menghubungkan lantai teratas gedung setinggi 10 lantai di London, Inggris.

Kolam renang yang disebut "Sky Pool" itu adalah yang pertama di dunia dan akan tampak transparan pada bagian dasarnya.

Bagian dasar yang transparan tersebut memungkinkan perenang untuk melihat pejalan kaki dari ketinggian 35 meter.

Eckersley O'Callaghan, perusahaan yang bekerja mendesain toko-toko Apple di seluruh dunia, akan merancang proyek ini.

Kolam ini adalah bagian dari pengembangan properti mewah bernama Embassy Garden di Nine Elms, dekat pembangkit listrik Battersea.

Mereka berharap proyek ini akan selesai pada musim panas 2019, namun konsepnya menemui tantangan - terutama karena kolam akan ditopang oleh dua bangunan di dekatnya yang memiliki dua fondasi berbeda.

Keunggulan struktur

"Keduanya bergerak agak berbeda saat diterpa angin maka masalah besarnya kami berusaha memisahkan struktur yang rentan antara dua bangunan yang bergerak terpisah," kata insinyur Brian Eckersley kepada BBC.

Penahan akan menopang struktur dan memungkinkan terjadi beberapa derajat pergerakan. Meski begitu, tekanan air di sisi kolam juga harus dipertimbangkan.

"Bagian sampingnya bisa hancur karena tekanan air yang terbawa oleh struktur," katanya. "Dan Anda harus memindahkan beban-beban ini untuk mendukung struktur gedung sementara pergerakan gedung sangat berbeda satu dengan lainnya."

Menurut Eckersley, kolam renang ini tidak akan terbuat dari kaca, tetapi dari akrilik transparan.

"Dengan menggunakan akrilik, strukturnya lebih transparan karena indeks refraksinya sama dengan air. Anda tidak akan melihat distorsi antara materialnya dan air seperti jika menggunakan kaca."

Air akan difilter agar akriliknya tetap bersih di bagian dalam, kata Eckersley, meski bagian luar kolam tetap harus dibersihkan secara reguler, sama seperti struktur kaca lainnya.

Berenang di kolam ini akan terasa seperti "mengambang di udara di pusat London", menurut pernyataan dari Sean Mulryan, direktur eksekutif Ballymore Group yang memesan kolam tersebut.

"Sepengetahuan saya, ini adalah yang pertama di dunia , saya tidak tahu kolam renang kaca lain yang berada di ketinggian ini," kata Sarah Fray, direktur pembangunan dan layanan teknis untuk Institution of Structural Engineers.

Menurutnya ada sejarah panjang struktur bangunan yang mengalirkan air seperti akuaduk.

"Konsep ini memiliki tantangan desain yang menarik, sangat bagus ada bangunan yang mendorong batas kemungkinan dan menciptakan fitur menarik serta menantang dibuat di kota ini," katanya kepada BBC.

"Salah satu kesulitannya adalah mengangkat material, ini akan membutuhkan katrol (crane) khusus. Selain itu, sebagai jembatan, kolam ini juga harus mendukung dua bangunan yang bergerak berbeda."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com