Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemburu Harta Karun Temukan 350 Koin Emas Bernilai Rp 60 Miliar

Kompas.com - 20/08/2015, 18:06 WIB

MIAMI, KOMPAS.com — Pemburu harta karun di Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka telah menemukan harta karun koin emas dari abad ke-18 bernilai 4,5 juta dollar AS atau lebih dari Rp 60 miliar.

Ratusan koin emas itu berada di dasar laut Samudra Atlantik lepas pantai Florida selama 300 tahun terakhir. Koin-koin tersebut berasal dari 11 kapal Spanyol yang tenggelam di tengah badai saat melakukan perjalanan dari Kuba menuju Spanyol.

Koin emas ini merupakan temuan terbesar kedua para pemburu harta karun dalam beberapa bulan terakhir.

Pada Juni, mereka menemukan 50 koin emas senilai 1 juta dollar AS atau lebih dari Rp 13 miliar. Ratusan koin yang baru diangkat ke permukaan pada akhir Juli tersebut ditemukan satu meter dari batas pantai, terkubur di bawah pasir.

Menurut undang-undang negara bagian AS, Florida akan mendapat 20 persen dari nilai harta karun yang ditemukan.

Sementara itu, penyelam yang menemukan koin-koin tersebut, William Bartlett, menolak menyebutkan bagian keuntungannya. "Saya hanya seorang pria yang tinggal di kapal dan menjalani mimpinya," ujar Bartlett.

Brent Brisben, pemegang hak reruntuhan kapal, mengatakan bahwa dalam temuan tersebut terdapat sejumlah artefak unik yang dikenal dengan nama "Royal Eight Escudo". Koin ini adalah contoh sempurna koin masa itu, dan dibuat atas pesanan khusus Raja Spanyol," kata Brisben.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com