Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Ajak Rakyat Turki Perangi Presiden Erdogan

Kompas.com - 18/08/2015, 17:48 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) merilis sebuah video baru yang menyebut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebagai pengkhianat karena mengizinkan AS menggunakan pangkalan udara Incirlik untuk menyerang ISIS di Suriah.

Dalam video itu, ISIS juga mengajak warga Muslim Turki untuk mendukung kelompok tersebut dalam memerangi Erdogan yang disebut sebagai seorang tiran ateis.

Dalam video yang dirilis lewat Twitter pada Senin (17/8/2015) itu, terlihat seorang anggota ISIS diapit dua orang lainnya. Dia mengecam kebijakan Erdogan dengan menggunakan bahasa Turki.

Sebelumnya, Pemerintah Turki telah mengizinkan AS menggunakan pangkalan udara Incirlik sebagai basis jet-jet tempur koalisi yang menggempur ISIS di Suriah Utara.

Keputusan ini dibuat Ankara setelah serangkaian serangan bom terjadi di negeri itu, termasuk serangan bom yang terjadi di kota perbatasan Suruc yang menewaskan 32 orang.

Ankara menuding ISIS berada di balik serangan maut itu dan meresponsnya dengan menggelar serangan udara ke posisi-posisi ISIS di wilayah utara Suriah.

Sebelum serangan bom di kota Suruc itu, Pemerintah Turki berulang kali mengatakan tak akan terlibat dalam koalisi pimpinan AS yang melakukan serangan udara terhadap ISIS di Irak dan Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com