Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Wanita Pertama AS Lulus dari Sekolah Elite Ranger School

Kompas.com - 18/08/2015, 13:54 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Dua perempuan Amerika akan menjadi tentara perempuan pertama yang lulus dari sekolah elite dan ketat Ranger School pada Jumat (21/8/2015) mendatang. Angkatan Darat AS mengumumkan hal itu, Senin waktu setempat.

"Selamat kepada semua Rangers baru kami. Setiap lulusan Ranger School telah menunjukkan ketangguhan fisik dan mental untuk sukses memimpin organisasi di tingkat manapun. Program ini telah membuktikan bahwa setiap prajurit, terlepas dari jenis kelamin, dapat mencapai potensi maksimalnya," kata Sekretaris Angkatan Darat John McHugh, Senin.

"Kami berutang kesempatan kepada para tentara untuk melayani dengan sukses di posisi mana saja di mana mereka memenuhi syarat dan mampu, dan kami terus mencari cara untuk memilih, melatih, dan mempertahankan tentara terbaik demi memenuhi kebutuhan bangsa kita," tambahnya.

Sebanyak 19 perempuan memulai program latihan keras itu pada bulan April tetapi 17 orang telah tersingkir.

Ranger Scholl menerima perempuan untuk pertama kalinya tahun ini, setelah permintaan Presiden Barack Obama tahun 2013 agar Pentagon memerintahkan semua cabang angkatan bersenjata membuka kesempatan tempur di darat untuk perempuan pada 2016.

Saat ini sekitar 15 persen personel militer AS adalah perempuan.

Ranger School merupakan sebuah program pelatihan elite yang disiapkan bagi orang yang secara fisik paling fit di Angkatan Darat AS, yang menjadi bagian Resimen Ranger ke-75, sebuah pasukan elite untuk operasi khusus.

Perkembangan kedua perempuan itu telah diawasi secara saksama oleh masyarakat militer, di mana keberadaan perempuan di medan pertempuran masih menjadi isu yang menimbulkan perpecahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com