Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Truk ISIS Meledak di Baghdad, 38 Tewas

Kompas.com - 13/08/2015, 17:18 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Sebuah bom truk yang diklaim oleh Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) meledak di kawasan mayoritas Syiah di Baghdad, Irak, Kamis (13/8/2015), menewaskan setidaknya 38 orang.

Serangan bom dahsyat, yang diyakini ditujukan untuk menurunkan kepercayaan terhadap pemerintah dan menyulut ketegangan sektarian itu, terjadi setelah Jenderal Raymond Odierno memperingatkan bahwa rekonsiliasi di Irak terlihat semakin sulit.

Jenderal Odeirno, yang pernah menjadi komandan pasukan AS di Irak pada 2008-2010, sebelumya mengatakan bahwa Irak nampaknya akan terpecah belah.

Bom truk itu meledak di sebuah pasar sayur mayur di kawasan Sadr City, di wilayah utara Baghdad pada sekitar pukul 06.00 waktu setempat atau sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu, pasar tersebut tengah dipadati warga yang berbelanja.

Akibat ledakan itu, selain menewaskan 38 orang warga, sebanyal 80 orang lainnya menderita luka. Bom itu juga menghancurkan sebagian bangunan pasar, membunuh kuda-kuda beban, membakar kendaraan dan mengakibatkan berbagai jenis sayur berceceran.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah ke internet, ISIS mengklaim bertanggung jawab dalam ledakan bom truk yang disebutnya sebagai sebuah operasi yang "diberkati".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com