Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Investigasi Jatuhnya MH17 Temukan Serpihan "Misil" BUK Buatan Rusia

Kompas.com - 11/08/2015, 20:43 WIB

DEN HAAG, KOMPAS.com — Tim penyelidik jatuhnya Malaysia Airlines MH17 di Ukraina, Selasa (11/8/2015), mengatakan, mereka telah mengidentifikasi serpihan yang "kemungkinan" berasal dari misil Buk buatan Rusia, di lokasi jatuhnya pesawat.

"Tim penyidik Belanda dan sejumlah negara lainnya kini tengah memeriksa serpihan benda yang kemungkinan berasal dari sistem misil pertahanan udara Buk," demikian pernyataan pers bersama kejaksaan dan Dewan Keselamatan Belanda (OVV).

"Serpihan-serpihan itu sudah diamankan dalam misi sebelumnya di Ukraina, dan kini disimpan tim investigasi dan OVV," lanjut pernyataan tersebut.

Soal lokasi penemuan serpihan itu, Jaksa Wim de Bruin hanya bisa mengatakan bahwa benda-benda tersebut ditemukan di wilayah timur Ukraina.

Seperti diberitakan, Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh pada 17 Juli 2014 saat melintas di kawasan pertempuran antara militer Ukraina dan pemberontak pro-Rusia. Semua penumpang dan awak yang berjumlah 298 orang tewas.

Ukraina dan negara-negara Barat menuding pemberontak pro-Rusia sebagai pihak yang menembak jatuh pesawat tersebut, dan menyebut bahwa pemberontak menggunakan misil Buk yang dipasok Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com