Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Perangi ISIS, Turki Tawarkan Sejumlah Pangkalan Udara kepada AS

Kompas.com - 07/08/2015, 21:39 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Setelah mengizinkan AS menggunakan pangkalan udara Incirlik sebagai basis perang melawan ISIS, pemerintah Turki dikabarkan menawarkan lagi beberapa pangkalan udaranya.

"Pemerintah Turki menawarkan untuk menggunakan beberapa pangkalan udara lainnya," ujar seorang diplomat senior Barat seperti dikutip harian Today Zaman, Jumat (7/8/2015).

Diplomat yang tak mau disebutkan namanya itu menambahkan, saat ini para petinggi militer AS dan Turki tengah mengevaluasi tawaran tersebut.

Tawaran ini menyusul izin yang diberikan pemerintah Turki untuk menggunakan pangkalan udara Incirlik di provinsi Adana, tak jauh dari perbatasan Suriah sebagai basis jet-jet tempur koalisi pimpinan AS yang memerangi ISIS di Suriah.

Izin penggunaan pangkalan udara Incirlik itu merupakan sebuah perubahan kebijakan dari Ankara setelah serangkaian serangan maut terjadi di wilayah negeri itu terutama yang berbatasan dengan Suriah.

Sebelum izin ini diberikan, pemerintah Turki hanya memperbolehkan pangkalan udara negeri itu digunakan AS untuk keperluan misi pengintaian dan bukan misi tempur.

Turki memiliki sejumlah pangkalan udara di wilayah tenggara termasuk di Diyarbakir dan Batman, yang bisa digunakan untuk operasional jet-jet tempur.

Sementara itu, seorang juru bicara Pentagon Kapten Jeff Davis mengatakan sejumlah operasi serangan udara terhadap ISIS dengan menggunakan drone sudah beroperasi dari Incirlik akhir pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com