Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bloger Sekuler Keempat di Banglades Tewas Dibunuh

Kompas.com - 07/08/2015, 18:19 WIB
DHAKA, KOMPAS.com — Sekelompok geng bersenjata golok membunuh seorang bloger sekuler di kediamannya di kota Dhaka, Banglades, Jumat (7/8/2015). Ini adalah kasus pembunuhan bloger keempat di Banglades sejak awal tahun ini.

Niloy Chakrabarti, yang menggunakan nama alias Niloy Neel, tewas setelah kelompok bersenjata itu menerobos masuk ke dalam apartemennya. Demikian keterangan dari Jaringan Aktivis dan Bloger Banglades.

"Mereka menerobos masuk ke apartemennya di lantai lima dan menyingkirkan temannya sebelum melukainya hingga tewas. Dia (Niloy) memang masuk ke dalam daftar hitam kelompok militan," ujar pemimpin jaringan, Imarh H Sarker.

Polisi membenarkan bahwa Niloy dibunuh oleh sekitar enam orang penyerang di kediamannya di distrik Goran, Dhaka. Polisi sejauh ini masih menyelidiki motif pembunuhan itu.

"Sebanyak enam orang mengetuk pintu apartemennya, berpura-pura mencari apartemen yang dikontrakkan. Dua orang kemudian masuk ke dalam apartemen dan membunuh korban di sana," kata Muntashirul Islam, seorang wakil kepala polisi setempat.

"Istri korban ada di dalam apartemen itu, tetapi disekap di dalam ruangan lain," kata Muntashirul.

Asif Mohiuddin, seorang bloger sekuler lain yang lolos dari upaya pembunuhan pada 2013, menggambarkan Niloy sebagai seorang pemikir bebas ateis yang tulisannya kerap muncul di sejumlah situs.

"Dia sangat kritis terhadap agama dan menulis kritiknya terkait fundamentalisme Islam, Hindu, dan Buddha. Dia adalah salah seorang pendiri sebuah organisasi rasionalis," ujar Asif.

Niloy adalah bloger keempat yang dibunuh di Banglades sejak Februari lalu. Saat itu, seorang bloger AS kelahiran Banglades Avjit Roy tewas dibunuh di Dhaka, sementara istrinya terluka parah.

Korban lainnya adalah Ananta Bijoy Das yang tewas dibunuh pada Mei lalu saat berangkat kerja di kota Sylhet dan Washiqur Rahman yang tewas pada Maret lalu juga di kota Dhaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com