Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Amerika, Ayam Cemani Khas Indonesia Dijual Rp 2,6 Juta Per Ekor

Kompas.com - 06/08/2015, 03:54 WIB

KOMPAS.com — Ayam Cemani sedang menjadi tren baru di Amerika Serikat. Sebuah perusahaan peternakan di Florida, AS, Greenfire Farms, meraup untung besar dari melonjaknya permintaan terhadap ayam yang dianggap eksotis karena seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam ini.

Menurut mereka, pembeli rela mengantre, meski seekor ayam cemani yang baru menetas dihargai 200 dollar AS atau sekitar Rp 2,6 juta.

Harga itu tergolong fantastis karena di Indonesia, ayam cemani anakan ditengarai hanya berharga sekitar Rp 200.000.

"Kita tidak akan bisa tahu, apa yang sebenarnya membuat orang-orang menyukai ayam ini," kata Paul Bradshaw, pemilik peternakan Greenfire Farms.

Hanya dalam setahun, Paul mengaku sudah menjual lebih dari 500 ayam ini.

Entah apa yang membuat ayam ini begitu populer di AS sebagai peliharaan, tetapi yang jelas, menurut Paul, orang-orang tahu bahwa ayam jenis ini merupakan ayam khas Indonesia, dan terlihat eksotis dengan warna mereka.

Orang kini bahkan menjuluki ayam cemani sebagai "ayam Lamborghini", mengingat harganya yang wah serta rupanya yang unik dan eksotis.

Paul juga mengaku menjelaskan kepada para pembeli bahwa di Indonesia, terutama oleh orang Jawa, ayam ini digunakan untuk kepentingan klenik dan spiritual.

Greenfire Farms tidak mengimpor langsung ayam ini dari Indonesia karena adanya larangan impor terkait bahaya flu burung di Asia. Mereka membiakkan sendiri, setelah mendatangkan indukan langsung dari Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com