Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Rangkaian Kereta Api di India Anjlok, 27 Tewas

Kompas.com - 05/08/2015, 17:11 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com — Setidaknya 27 orang tewas setelah dua kereta api penumpang anjlok saat jembatan yang dilewati kedua kereta itu dihantam banjir bandang di negara bagian Madhya Pradesh, India.

Tim SAR berhasil menyelamatkan sekitar 300-an orang penumpang setelah 10 gerbong dan satu lokomotif anjlok dalam selang waktu beberapa menit di luar kota Harda, menjelang tengah malam, Selasa (4/8/2015).

Kereta api Kamayani Express, yang menempuh perjalanan dari Mumbai, anjlok beberapa menit setelah banjir bandang dari Sungai Machak menenggelamkan rel yang melintas di atas sebuah jembatan kecil. Demikian penjelasan dari ketua dewan perkeretaapian India, AK Mittal.

"Kereta api kedua, Janata Express yang datang dari arah berlawanan dari kota Patna menuju Mumbai, melintas beberapa saat setelah anjloknya Kamayani Express," kata juru bicara Kementerian Kereta Api Anil Saxena.

Sejumlah penumpang yang saat kecelakaan terjadi tengah tertidur lelap menjadi panik setelah gerbong yang mereka tumpangi jatuh ke sungai dan air berlumpur dengan cepat memenuhi gerbong.

"Saya sedang tidur dan tiba-tiba saya merasakan benturan. Saya terbangun dan melihat penumpang lain berteriak-teriak," kata Manoj Mongi, seorang penumpang, kepada harian The Hindustan Times.

"Saya lalu keluar dari gerbong. Saya melihat tiga orang perempuan mengapung di air, tetapi saya tak bisa menyelamatkan mereka," tambah Manoj.

"Ketinggian air di rel kereta api hampir setinggi pinggang orang dewasa," kata Shahshi Bhushan Pandit, seorang penumpang lainnya.

Menteri Kereta Api Madhya Pradesh MS Gupta mengatakan, sebanyak 27 orang penumpang tewas dan 70 orang lainnya terluka. "Semua gerbong sudah dikeluarkan dari sungai dan semua jasad sudah dikeluarkan dari dalam gerbong,"  ujar Gupta.

Jaringan kereta api India adalah salah satu yang terbesar di dunia dan menghubungkan seluruh penjuru India. Namun, perkeretapian di India kekurangan anggaran yang berujung buruknya pemeliharaan yang akhirnya kerap menghasilkan kecelakaan.

Pemerintah India telah bertekad untuk menginvestasikan dana sebesar 137 miliar dollar AS untuk melakukan modernisasi jaringan kereta api negeri itu agar lebih aman, cepat, dan efisien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com