Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekerja 24 Jam Tanpa Henti, Seorang Polisi China Tewas

Kompas.com - 05/08/2015, 16:46 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Seorang polisi di Huidong, Provinsi Guangdong, China, meninggal dunia yang diduga akibat terkena serangan jantung setelah bekerja 24 jam tanpa henti. Demikian media China mengabarkan, Rabu (5/8/2015).

Seperti dikabarkan harian People's Daily, Zhou Zhidong (45) dan tiga orang polisi lainnya yang bertugas di pos polisi Huangbu tengah mengerjakan 10 kasus dan memeriksa 5 orang tersangka mulai pukul 08.30 pada 31 Juli hingga pukul 05.00 pada hari berikutnya.

Pada sekitar pukul 08.30, 1 Agustus lalu, Zhou akhirnya pulang ke asrama untuk beristirahat. Namun, pada saat jam makan siang dan makan malam, Zhou tak menunjukkan batang hidungnya.

Rekan-rekannya kemudian menyusul ke asrama dan menemukan Zhou sudah dalam keadaan koma. Kawan-kawan Zhou kemudian melarikan pria itu ke rumah sakit terdekat, tetapi sayang, nyawanya tak terselamatkan.

Berdasarkan sebuah laporan pada 2011, statistik pemerintah menunjukkan jam kerja yang terlalu panjang menjadi salah satu faktor penyebab tingginya kematian anggota polisi di China.

Dalam lima tahun sebelumnya, hampir separuh kematian anggota polisi di China disebabkan karena jam kerja terlalu panjang dan bekerja berlebihan.

Kasus warga China yang meninggal dunia akibat bekerja terlalu berlebihan sudah sering terjadi. Dilaporkan, tahun lalu China sudah melampaui Jepang dalam urusan jumlah kematian akibat kelelahan bekerja.

Sementara itu, harian China Youth Daily pernah memublikasikan laporan bahwa setiap tahun di China 600.000 orang meninggal dunia akibat kelelahan bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com