Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Jam Tangan Rp 8,3 Miliar, Jubir Presiden Putin Dikritik

Kompas.com - 03/08/2015, 21:04 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, Dmitry Peskov, memicu kontroversi setelah fotonya yang terbit pada Senin (3/8/2015) memperlihatkan dia mengenakan jam tangan berharga 620.000 dollar AS atau setara dengan Rp 8,3 miliar.

Dmitry Peskov terlihat mengenakan jam tangan mewah itu saat mengucapkan janji pernikahan dengan atlet olimpiade, Tatiana Navka, di kota wisata Laut Hitam, Sochi, pada Sabtu (1/8/2015).

Politisi oposisi dan whistleblower kasus korupsi, Alexei Navalny, mengidentifikasi jam tangan Peskov sebagai edisi terbatas jam tangan rancangan Richard Mille.

Dalam blognya, mengutip surat elektronik dari pembuat jam Swiss itu kepada dirinya, Navalny menulis bahwa jam tangan itu berharga Rp 8,3 miliar. Dia juga memublikasikan Peskov mengenakan jam tangan mewah lain, seperti Rolex dan Omega.

"Jam tangan sang mempelai pria jauh lebih mahal dibanding harga apartemen Anda," tulis Navalny dalam blognya.

Para aktivis anti-korupsi Rusia sudah berkali-kali mengamati jam tangan mewah yang digunakan para pejabat negeri itu yang dipastikan tak akan mampu membeli jam tangan itu jika hanya mengandalkan gaji dari negara.

Peskov, yang mengumumkan hanya memiliki penghasilan 145.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,9 miliar setahun, membantah tudingan miring terkait jam tangan mewahnya itu. Peskov mengatakan, jam tangan itu merupakan hadiah dari istrinya yang adalah atlet seluncur es ternama di Rusia.

"Hadiah dari istri kepada suami atau dari suami kepada istri tak bisa dikaitkan dengan aktivitas anti-korupsi," kata Peskov seperti dikutip kantor berita RIA Novosti.

Tatiana Navka mendukung apa yang dikatakan sang suami. Dia menegaskan bahwa penghasilannya sebagai atlet lebih dari cukup untuk memberi hadiah terbaik untuk sang suami.

"Harga jam tangan itu terlalu dilebih-lebihkan. Harga yang dibicarakan banyak orang saat ini tentu saja tak sesuai kenyataannya," ujar Tatiana.

Pesta pernikahan Peskov dan Tatiana digelar secara mewah dan dihadiri banyak figur terkenal di Rusia, mulai dari bintang pop hingga para atlet ternama. Namun, Presiden Putin sendiri tak terlihat dalam pesta tersebut meski sebelumnya Peskov memastikan bahwa orang nomor satu di Rusia itu akan hadir dalam acara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com