Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Meledak di Luar 2 Gereja di AS

Kompas.com - 03/08/2015, 16:53 WIB
ALBURQUERQUE, KOMPAS.com — Dua ledakan dilaporkan terjadi di luar dua buah gereja di kota Las Cruces, negara bagian New Mexico, AS, Minggu (2/8/2015) pagi waktu setempat.

Kepolisian setempat mengatakan, ledakan pertama terjadi pada pukul 08.20 pagi di Gereja Baptis Kalvari. Bom yang meledak ditempatkan di sebuah kotak surat dekat gereja itu.

Lalu, sekitar 20 menit setelah ledakan pertama, bom kedua meledak di Gereja Katolik Holy Cross yang berjarak sekitar 6 kilometer dari gereja pertama. Saat ledakan terjadi, misa sedang digelar di Gereja Holy Cross.

Bahan peledak ini diletakkan di sebuah tong sampah di luar pintu gereja. Ledakan yang terjadi menghancurkan jendela Gereja Holy Cross. Tak ada korban dalam dua insiden ini.

Dennis Llewellyn, seorang mantan anggota marinir yang sedang beribadah di Gereja Baptis Kalvari, mengatakan, terdapat batu baterai dalam sisa-sisa bom yang meledak itu. "Ini adalah bom sungguhan. Saya melihat bagian-bagiannya," kata Dennis kepada harian Las Cruces Sun-News.

Sementara itu, Monsignor John Anderson mengatakan, ledakan di luar Gereja Holy Cross terjadi tepat pada saat umat sedang melakukan proses penerimaan komuni.

"Saya sedang di tengah prosesi persiapan pemberian komuni ketika terdengar suara ledakan. Maksud saya, suara itu lebih dari sekadar suara tembakan," ujar Anderson kepada harian El Paso Times.

Sejauh ini, polisi belum mengetahui motif dua insiden peledakan bom itu. FBI dan pakar bahan peledak sudah dikirim ke lokasi kejadian untuk melakukan investigasi.

"Fakta bahwa dua ledakan itu terjadi di dua gereja pada hari yang sama dan hanya berselang kurang dari 30 menit menunjukkan ada keterkaitan antara kedua insiden itu," kata juru bicara kepolisian Las Cruces, Dan Trujillo.

Pemerintah setempat kemudian memerintahkan warga dan pengelola gereja untuk meningkatkan kewaspadaan. "Kami tak bisa memerintahkan mereka untuk melakukan sesuatu. Namun, kami bisa meminta mereka mewaspadai segala sesuatu yang mencurigakan," kata Trujillo.

"Jika warga melihat hal-hal yang mencurigakan atau tak lazim, segeralah hubungi polisi dan biarkan kami yang menjalankan tugas," Trujillo menegaskan.

Las Cruces adalah sebuah kota kecil berpenduduk tak lebih dari 100.000 jiwa yang berjarak 360 kilometer dari kota terbesar New Mexico, Albuquerque, dan 96 kilometer dari perbatasan dengan Meksiko.

Berdasarkan sensus penduduk 2010, sebanyak 56,8 persen penduduk Las Cruces adalah keturunan Hispanik, 34,3 persen warga kulit putih, dan 2,4 persen warga kulit hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com