Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan TV Jepang Dipecat karena "Sexting"

Kompas.com - 03/08/2015, 13:35 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com — TV Asahi dari Jepang, Sabtu (1/8/2015), meminta maaf setelah kepala bironya di Bangkok mem-posting foto alat kelaminnya sendiri di sebuah forum ponsel yang dibentuk Kementerian Luar Negeri Thailand.

Seorang juru bicara televisi itu mengatakan, wartawan yang tidak disebutkan namanya itu telah dipecat dari pekerjaan terkait perilakunya yang "sangat tidak pantas".

Kementerian Luar Negeri Thailand meminta penjelasan atas foto yang tidak pantas itu yang muncul pada Senin malam lalu di forum ponsel, yang dibentuk untuk para wartawan asing yang bekerja di Thailand.

"Kami meminta maaf kepada Kementerian Luar Negeri Thailand dan orang-orang lain yang terkait," kata juru bicara itu. Dia menambahkan, wartawan tersebut telah diminta untuk "melakukan refleksi serius" terkait insiden tersebut.

Media Jepang mengatakan, kepala biro itu, yang berumur 40-an tahun, bermaksud mengirim foto itu ke seorang teman perempuan, tetapi justru mengunggahnya lewat aplikasi pesan Line kepada sekitar 150 wartawan yang tergabung dalam forum tersebut.

Dia meninggalkan forum itu segera setelah insiden tersebut. Namun, seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Thailand di forum yang sama telah memperingatkan bahwa "tindakan akan diambil". Seorang anggota forum yang lain memperlihatkan emoji orang sedang muntah, sementara beberapa orang lain mempertanyakan apa yang baru saja terjadi.

"Izinkan kami mengingatkan Anda bahwa (forum) ini untuk untuk tujuan resmi. Sebuah tindakan akan diambil," kata pejabat kementerian itu. "Dengan meninggalkan forum tidak berarti tindakan (Anda) tidak akan punya konsekuensi."

Kasus yang disebut "sexting" itu, atau mengirim foto seksual secara eksplisit melalui telepon, telah semakin sering terjadi dengan menggunakan smartphone dan perangkat mobile lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com