Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2015, 08:24 WIB
KOMPAS.com — Sebuah sumber yang dekat dengan penyelidikan mengatakan, dua potong "puing logam" telah ditemukan di Pulau Reunion, di tengah Samudra Hindia, tempat bagian sayap Boeing 777, yang diyakini milik penerbangan MH370, terdampar pada pekan lalu.

Para penyidik di pulau itu mengambil puing-puing tersebut sebagai bukti untuk dijadikan bagian dari penyelidikan mereka atas nasib penerbangan Malaysia Airlines MH370. Namun, menurut sumber itu, belum ada indikasi apa pun bahwa sepotong logam itu berasal dari sebuah pesawat.

Fotografer kantor berita AFP melihat polisi mengumpulkan salah satu bagian dari puing yang berukuran sekitar 100 sentimeter persegi pada Minggu (2/8/2015) pagi.

Polisi menempatkan puing itu dalam wadah besi. Puing tersebut memiliki semacam pegangan yang sebagiannya tertutup oleh kulit dan bertuliskan dua ideogram.

Pada hari Minggu pula, seorang pria menyerahkan sepotong puing berukuran 70 sentimeter kepada polisi, dan diperkirakan sebagai bagian dari pintu pesawat.

Penemuan ini datang setelah Malaysia menegaskan bahwa puing-puing pesawat yang ditemukan di pulau itu pada hari Rabu lalu telah resmi diidentifikasi sebagai bagian dari Boeing 777, jenis pesawat yang sama seperti MH370 yang menghilang 16 bulan lalu dengan 239 orang di dalamnya.

"Kami tahu, bidang permukaan kontrol pesawat telah resmi diidentifikasi sebagai bagian dari pesawat Boeing 777," kata Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai dalam sebuah pernyataan.

Ia menerangkan, "Hal ini telah diverifikasi oleh otoritas Perancis bersama-sama dengan produsen pesawat Boeing, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS, dan tim Malaysia."

Potongan puing berukuran 2 x 2,5 meter itu ditemukan oleh orang-orang yang membersihkan pantai pada hari Rabu.

Kementerian Transportasi Malaysia mengatakan, butuh waktu hingga Rabu (5/8/2015) mendatang sebelum ada konfirmasi resmi apakah bagian itu berasal dari pesawat MH370.

Identifikasi puing itu bisa saja mengonfirmasi jatuhnya pesawat ke laut setelah membelok dari rutenya yang bermula di Kuala Lumpur menuju Beijing, dan membantu mengakhiri masa 16 bulan ketidakpastian bagi kerabat korban.

Para penyidik percaya, seseorang sengaja mematikan transponder MH370 sebelum mengalihkan pesawat itu ribuan kilometer dari jalurnya.

Model arus laut yang dikemukakan ahli kelautan menunjukkan bahwa puing-puing dari pesawat hilang itu bisa terbawa hingga ke daerah tropis ini adalah sesuatu yang memungkinkan.

Sebuah fragmen dari bagasi yang juga ditemukan di wilayah tersebut juga bersama dengan puing-puing pesawat yang berada di Perancis untuk menjalani tes DNA khusus.

Puing-puing itu akan dianalisis di laboratorium yang dikelola oleh 600 ahli, yang dikelola oleh Kementerian Pertahanan Perancis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com