Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecahan Sayap yang Diduga Milik MH370 Tiba di Perancis

Kompas.com - 02/08/2015, 03:19 WIB
TOULOUSE, KOMPAS.com - Puing pesawat yang diduga berasal dari Boeing 777 Malaysia Airlines MH370, Sabtu (1/8/2015), tiba di sebuah fasilitas penelitian milik militer Perancis di dekat kota Toulouse.

Setelah tiba di bandara Orly, Paris, kepingan pesawat terbang itu menempuh perjalanan darat selama 10 jam. Sebuah truk membawa potongan bagian sayap yang disebut flaperon sepanjang 2,44 meter.

Kepingan itu dibawa ke lokasi pengujian aeronautika DGA TA di dekat kota Toulouse. Di sana para pakar akan melakukan penelitian untuk memastikan asal kepingan tersebut.

Para pakar, yang di dalamnya termasuk seorang pakar hukum, akan memulai pekerjaan mereka pada Rabu mendatang.
Pada Senin (3/8/2015), seorang hakim investigasi akan bertemua dengan para pejabat Malaysia dan perwakilan dari badan investigas penerbangan Perancis (BEA).

Diharapkan pada Jumat mendatang, para pakar sudah menyelesaikan pekerjaan mereka dan bisa mengumumkan hasilnya kepada publik.

Para penyelidik keselamatan penerbangan, termasuk dari Boeing, sudah memastikan puing yang ditemukan di Pulau Reunion itu adalah sebuah flaperon yang biasanya berada di ujung sayap Boeing 777.

Sejauh ini MH370 adalah satu-satunya Boeing 777 yang hilang, sehingga banyak kalangan yakin puing flaperon itu memang berasal dari pesawat naas tersebut.

"Di kalangan komunitas aeronautika tak ada keraguan tentang asal puing itu. Kami sangat yakin puing itu berasal dari penerbangan MH370," kata pakar keamanan penerbangan Christophe Naudine kepada stasiun televisi BFM-TV.

Christophe mengatakan sejak 2013 hanya tiga Boeing 777 yang jatuh. Dan dua Boeing 777 tidak jatuh di Samudera Hindia. "Satu (jatuh) di AS, satu lagi di Ukraina dan yang ini (MH370) di Samudera Hindia," tambah Christophe.

Di bawah penelitian para pakar, pecahan sayap yang hanyut dan terdampar di Pulau Reunion itu bisa memberikan informasi tak hanya soal "perjalanannya" mengarungi samudera namun juga terkait nasib MH370.

Namun, jika pecahan ini dipastikan berasal dari MH370, tak ada jaminan bahwa para pencari kemudian akan dengan mudah menemukan kotak hitam atau puing lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com