Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepolisian Inggris Selidiki Jatuhnya Pesawat Keluarga Osama bin Laden

Kompas.com - 02/08/2015, 00:06 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Kepolisian Hampshire dan penyelidik kecelakaan udara Inggris kini tengah menyelidiki jatuhnya sebuah pesawat pribadi yang membawa anggota keluarga mantan pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden.

Tiga penumpang dan pilot tewas seketika saat pesawat itu jatuh dan meledak di dekat Bandara Blackbushe, Jumat (31/7/2015). Tragedi itu terjadi ketika pesawat yang datang dari Milan, Italia itu hendak mendarat.

Namun, pesawat jet pribadi itu malah jatuh di tengah-tengah ajang pelelangan mobil Inggris yang digelar di lingkungan bandar udara. Pesawat meledak seketika, beruntung tidak ada korban luka atau tewas di darat.

Pihak berwenang menyerukan kepada warga yang memiliki rekaman video dan foto insiden tersebut untuk menyerahkannya kepada tim inevstigasi gabungan untuk membantu penyelidikan.

Sementara itu, keedutaan besar Arab Saudi di London membenarkan bahwa anggota keluarga Osama bin Laden berada dalam pesawat pribadi yang naas itu. Dikabarkan, Duta Besar Arab Saudi untuk Inggris Pangeran Mohammed bin Nawaf Al Saud telah menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga bin Laden.

Dalam pernyataannya, Kedutaan Besar Arab Saudi menyatakan siap bekerja bersama dengan pihak berwenang Inggris agar jenazah segera diserahkan kepada keluarga untuk kemudian dimakamkan di Arab Saudi.

Pesawat jenis Embraer Phenom 300 dioperasikan sebuah perusahaan penerbangan milik keluarga bin Laden di Arab Saudi. Adapun pemimpin AlQaeda, Osama bin Laden, sudah tewas dalam operasi militer Amerika Serikat di Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com