Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berhubungan Seks dengan Siswinya, Guru SMA di Australia Dipenjara 10 Tahun

Kompas.com - 31/07/2015, 22:58 WIB

ADELAIDE, KOMPAS.com — Seorang guru sekolah menengah di Adelaide, Australia, yang terbukti berhubungan seks dengan salah satu siswinya, diganjar hukuman 10 tahun penjara, Jumat (31/7/2015).

Pelecehan seksual itu dilaporkan korban yang bertekad mengakhiri hubungan terlarang mereka. Marco Chiro (56) dinyatakan bersalah atas dakwaan melakukan eksploitasi seksual yang dilakukan secara terus-menerus terhadap seorang anak muridnya.

Kasus pelanggaran ini terjadi ketika pria ini mengajar di SMA Norwood Morialta di Adelaide Timur. Di persidangan, terungkap hubungan seksual itu dilakukan Marco antara Juli 2008 hingga November 2011.
 
Hakim Geraldine Davison mengatakan telah memutuskan bahwa semua bukti yang diajukan korban tidak diragukan lagi.
 
"Saya mendapati Anda bermaksud melanjutkan hubungan kalian dan hubungan itu baru berakhir ketika korban berusia 18 tahun dan ia memutuskan untuk tidak mau lagi memiliki hubungan sejenis ini," katanya.
 
"Saya menolak semua keberatan Anda," kata hakim Geraldine.
 
Dia mengatakan, perilaku terpidana, yang berawal dari sebuah ciuman hingga akhirnya seiring dengan waktu terus berlanjut hingga seks oral, telah merusak kepercayaan korban dan berdampak serius kepada sang korban," ujar hakim.
 
"Anda juga telah merusak kepercayaan rekan sesama guru," ujarnya.
 
Di persidangan, terungkap Marco mengawali karier mengajarnya pada 1982 dan mulai mengajar di SMA Norwood Morialta pada 2000. Di sekolah itu, Marco mengajar bahasa Italia, bahasa Inggris, Jepang, serta Sosial dan Lingkungan.
 
Hakim juga memutuskan, Marco baru diperkenankan mengajukan permohonan pembebasan bersyarat setelah menjalani enam tahun penjara dari masa 10 tahun hukuman penjara yang dijatuhkan kepadanya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com