Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2015, 22:41 WIB

ABU DHABI, KOMPAS.com — Seorang pria asal Australia, yang mengaku menderita cedera punggung karena mendapat tempat duduk di samping seorang pria yang kelebihan berat badan, menuntut ganti rugi kepada Etihad Airways.

James Bassos, nama pria Australia itu, mengatakan, dia harus membengkokkan badan agar tidak menyentuh sesama penumpang dalam penerbangan selama 14 jam dari Uni Emirat Arab ke Sydney, Australia. 

Setelah selama lima jam terbang, Bassos mulai merasakan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Dia mengaku telah meminta kru pesawat untuk pindah tempat duduk. Namun, kru kabin Etihad mengatakan pesawat penuh.

Pada akhirnya, Bassos diizinkan duduk di kursi awak pesawat di bagian belakang pesawat, tetapi harus kembali ke kursinya saat mendarat.

Perancang berumur 38 tahun asal Brisbane tersebut mengatakan, dia harus "memelintir" tubuhnya agar tidak menyentuh penumpang "terlalu gendut dan menjijikkan" yang mengganggu kursinya.

Dia mengatakan, perjalanan panjang tersebut menyebabkan punggungnya cedera sehingga dia menuntut ganti rugi senilai 227.000 dollar AS atau sekitar Rp 3 miliar. Namun, manajemen Etihad menegaskan tidak akan memenuhi tuntutan itu.

"Bassos akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada Desember 2015. Kami meyakini masalah ini segera terselesaikan," demikian pernyataan Etihad Airways.

Etihad telah berusaha menggagalkan kasus yang diadukan pada 2012 itu agar tidak diajukan ke pengadilan. Namun, hakim menolak permintaan tersebut pada Kamis (30/7/2015) dan memerintahkan Bassos untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com