Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tikus Berkeliaran di Kabin, Pesawat Air India Kembali ke Bandara

Kompas.com - 31/07/2015, 22:29 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com — Sebuah pesawat milik maskapai Air India yang seharusnya terbang ke Milan, Italia, terpaksa kembali ke Bandara New Delhi setelah seekor tikus terlihat berkeliaran di kabin penumpang.

Pihak maskapai Air India mengatakan, dalam insiden yang terjadi pada Kamis (30/7/2015), hewan pengerat itu tak ditemukan, tetapi pilot tak memiliki pilihan selain kembali ke bandara untuk kemudian melakukan pengasapan kabin.

"(Pesawat Dreamliner) AI 123 kembali ke (bandara) Delhi karena terdapat laporan seekor tikus berkeliaran di dalam kabin," demikian salah seorang petinggi Air India mengatakan kepada AFP, Jumat (31/7/2015).

"Meski keberadaan hewan pengerat itu tak terbukti, demi keselamatan penumpang, pesawat diperintahkan kembali ke bandara," kata pejabat itu.

Tikus sangat berbahaya bagi penerbangan karena mereka bisa mengunyah kabel-kabel yang sangat vital untuk pengendalian pesawat. Hewan ini biasanya bersembunyi di dalam truk pengangkut katering tempat menyimpan nampan makanan.

Ini bukan kali pertama tikus muncul di dalam sebuah pesawat terbang. Pada Mei lalu, sebuah pesawat milik Air India dikandangkan di bandara kota Leh setelah kru mendapati beberapa ekor tikus berkeliaran di dalam kabin.

Kondisi serupa juga pernah terjadi pada Agustus tahun lalu saat sebuah pesawat Air India tak boleh meninggalkan Bandara New Delhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com