Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 10 Orang Terkaya Sepanjang Sejarah Dunia

Kompas.com - 31/07/2015, 20:30 WIB
KOMPAS.com — Selama ini, sosok orang terkaya di dunia selalu menjadi perdebatan tentang siapa yang paling banyak memiliki harta benda di dunia ini.

Siapa lebih banyak memiliki uang, John D Rockefeller atau Jengis Khan? Pertanyaan mudah dengan jawaban yang sangat sulit.

Setelah melakukan wawancara panjang dengan para pakar ekonomi dan sejarawan, majalah Time akhirnya menyusun 10 orang paling kaya di dunia sepanjang sejarah. Siapa sajakah mereka?

10. Jengis Khan (Mongolia, 1162-1227)

Kekayaan: Tanah yang sangat luas.

Jengis Khan tak diragukan lagi merupakan salah satu pemimpin militer paling sukses di dunia. Pada masa kekuasaannya, wilayah Kekaisaran Mongolia terbentang dari China ke Eropa, yang merupakan kekaisaran terbesar dalam sejarah.

Namun, meski memiliki kekuasaan nyaris tak terbatas, para ilmuwan mengatakan, Jengis Khan tak pernah menguasai sendiri kekayaannya. Sebaliknya, dia sangat murah hati kepada para pengikutnya.

"Salah satu kunci suksesnya adalah membagi kekayaan dengan para prajurit dan panglimanya," kata Morris Rossabi, seorang profesor ilmu sejarah di Queens College.

9. Bill Gates (AS, 1955-...)

Kekayaan: 79,9 miliar dollar AS.

Sebagai orang terkaya di dunia yang hidup saat ini, kekayaan Bill Gates sangat mudah diukur. Majalah Forbes memperkirakan, kekayaan pendiri Microsoft mencapai 79,9 miliar dollar AS.

Kekayaan Bill Gates ini berselisih 8 juta dollar AS lebih banyak dari pendiri Zara, Amancio Ortega, yang adalah orang nomor dua terkaya di dunia saat ini.

8. Alan Rufus alias Alan the Red (Inggris, 1040-1093)

Kekayaan: 194 miliar dollar AS.

Keponakan Willian Sang Penakluk ini bergabung dengan sang paman dalam penaklukan Normandia. Dia meninggal dunia dengan meninggalkan harta sebesar 11.000 dollar AS.

Menurut Philip Beresford dan Bill Rubinstein, pengarang buku The Richest of the Rich, harta milik Alan setara dengan 7 persen GDP Inggris saat itu. Jika dikonversi dengan nilai uang saat ini, kekayaan Alan mencapai 194 miliar dollar AS.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com