Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Guru India Disandera di Libya

Kompas.com - 31/07/2015, 15:31 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com — Empat orang guru asal India dikabarkan disandera di Libya saat hendak pulang ke negaranya. Pemerintah India, Jumat (31/7/2015), khawatir mereka ditahan kelompok militan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Kementerian Luar Negeri India mengatakan, keempat guru itu ditahan saat melintasi sebuah pos pemeriksaan sekitar 50 kilometer dari kota Sirte pada Kamis (30/7/2015) malam.

"Sekitar pukul 23.00, perwakilan kami di Tripoli mendapatkan kabar bahwa empat warga India yang akan pulang via Tripoli dan Tunis ditahan di sebuah pos pemeriksaan," kata juru bicara Kemenlu India, Vikas Swarup, kepada wartawan di New Delhi.

Keempat guru yang mengajar di Universitas Tripoli itu kemudian dibawa ke kota pesisir di sisi selatan Libya yang kini berada di bawah kendali ISIS.

"Kami terus menghubungi keluarga keempat orang itu dan berupaya keras untuk memastikan mereka dalam kondisi baik dan mengusahakan pembebasan mereka," tambah Swarup.

Seorang pejabat senior Kemenlu India mengatakan, sejauh ini tidak ada individu atau kelompok yang menghubungi Pemerintah India untuk meminta tebusan.

Awal bulan ini, Pemerintah India mengimbau warganya yang bekerja di Libya untuk segera meninggalkan negeri itu karena kondisi keamanan yang terus memburuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com