Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peselancar Pukul Hiu demi Lolos dari Serangan

Kompas.com - 31/07/2015, 14:02 WIB
SYDNEY, KOMPAS.com - Seorang peselancar (surfer) memukul seekor hiu setelah diserang di pantai timur Australia, Jumat (31/7/2015). Peselancar tersebut menderita luka gigitan di kaki dan tangan dalam kejadian yang oleh seorang saksi mata katakan seperti "ulangan kejadian yang menimpa Mick Fanning".

Insiden tersebut terjadi di dekat tempat wisata populer di utara Sydney, dekat lokasi seorang bodyboarder juga dilukai bulan ini, dan menyerupai adegan dramatis minggu sebelumnya di Afrika Selatan saat peselancar Australia yang tiga kali juara dunia, yaitu Mick Fanning, berjuang untuk lolos dari hiu.

Dalam insiden terbaru itu, pria tersebut diserang sekitar 100 meter dari bibir pantai di Evans Head di Negara Bagian New South Wales ketika dia melihat sirip dan berteriak ke seorang surfer lain untuk keluar dari air.

"Saat dia mendayung menuju pantai, pria berusia 52 tahun itu diserang hiu yang menggigit kaki kirinya. Serangan tersebut menjatuhkan pria itu dari papan selancar," kata polisi dalam sebuah pernyataan. "Pria itu memukul hiu tersebut dalam upaya untuk menakut-nakuti dan mengusirnya. Dalam pertarungan itu, hiu tersebut juga menggigit lengan kirinya. Pria itu akhirnya berhasil mencapai pantai. Seorang pelintas kemudian memakaikan turniket (alat penghenti pendarahan) untuk kakinya."

Media lokal melaporkan, pria itu bernama Craig Ison. Dia kemudian dilarikan ke rumah sakit. Kondisinya dilaporkan serius tetapi stabil.

Serangan tersebut terjadi di selatan pusat wisata Ballina, di mana seorang bodyboarder terluka parah akibat gigitan hiu pada bulan ini. Seorang peselancar Jepang juga tewas di daerah itu setelah kakinya tercabik pada Februari.

Hari Minggu, empat pantai di dekatnya ditutup setelah ada kehadiran hiu. Polisi mengatakan, kehadiran ikan-ikan kecil yang menjadi incaran hiu (baitfish) menarik hiu-hiu besar ke daerah itu.

Sesama peselancar yang juga teman Ison, yaitu Geoff Hill, yang berada di laut bersama Ison saat itu, mengatakan insiden tersebut "seperti menonton ulangan peristiwa Mick Fanning". Fanning, tiga kali juara dunia surfer asal Australia, menjadi berita dunia bulan ini setelah secara dramatis melawan hiu dalam kompetisi yang disiarkan langsung televisi di Afrika Selatan.

"Kami baru saja keluar mendayung pagi ini. Craig 20 meter di depan saya. Kemudian dia berkata, 'pergi, ada ikan hiu'," kata Hill kepada surat kabar lokal Northern Star. "Namun hiu itu menangkap dia saat dia berbalik ... dia selamat dengan berada di papan selancar. Rasanya seperti menonton ulangan (adegan) Mick Fanning. Saya mendayung ke arah dia tetapi saat itu dia berada di atas papan selancar dan mendayung ke pantai."

Serangan tersebut terjadi hanya beberapa hari setelah seorang penyelam kerang tewas oleh hiu di Maria Island di bagian selatan Negara Bagian Tasmania sementara putrinya hanya bisa menyaksikan tragedi itu.

Para pakar mengatakan, serangan meningkat saat olahraga air kian populer, tetapi kematian akibat serangan hiu tetap langka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com