Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terinspirasi ISIS, Pemuda AS Berniat Ledakkan Bom di Pantai Miami

Kompas.com - 29/07/2015, 17:10 WIB
MIAMI, KOMPAS.com — Seorang pria asal Florida, Amerika Serikat, didakwa berencana melakukan aksi pengeboman yang terinspirasi dari Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di pantai Miami yang dipenuhi wisatawan asal Inggris.

Harlem Suarez alias Almlak Benitez (23), asal Key West, Florida, ditahan pada Senin (27/7/2015) dalam sebuah operasi FBI dan didakwa berupaya menggunakan senjata pemusnah massal.

"Saya bisa pergi ke pantai di malam hari, menaruh benda itu di pantai, dan menutupinya. Pada hari berikutnya, saya hanya perlu menelepon dan benda itu akan menghasilkan suara keras," kata Suarez kepada seorang sumber rahasia tentang rencananya mengaktifkan bom dengan menggunakan telepon genggam.

Berdasarkan surat pengaduan ke pengadilan yang diperoleh stasiun televisi NBC, FBI menjadi waspada setelah membaca status pria tersebut di akun Facebook-nya pada April lalu. Dalam status itu Suarez menyatakan dukungannya terhadap ISIS.

Seorang informan FBI kemudian berhasil menjalin kontak dengan Suarez. Kepada informan itu, Suarez mengatakan berencana melakukan sebuah serangan terhadap Amerika Serikat.

Lewat akun Facebook-nya pula Suarez meminta petunjuk cara merakit bom. "Kirimi saya video atau apa pun tentang bagaimana membuat benda itu," kata Suarez yang juga memesan senapan serbu AK-47 secara online.

Bom rakitan itu nantinya berisi paku dan akan disembunyikan di dalam sebuah tas ransel. Suarez ditahan saat dia menerima bom palsu yang telah disiapkan agen-agen rahasia FBI.

Dalam beberapa bulan terakhir, aparat Amerika Serikat menahan banyak pemuda yang berencana melakukan serangan individual sebagai bentuk dukungan terhadap ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com