Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Olahraga Yahudi Eropa Digelar di Kompleks Stadion Peninggalan Nazi

Kompas.com - 28/07/2015, 21:02 WIB
BERLIN, KOMPAS.com — Lebih dari 2.000 atlet Yahudi, Selasa (28/7/2015), berkumpul di Berlin untuk berlaga dalam Pesta Olahraga Maccabi Eropa. Uniknya, pesta olahraga atlet Yahudi ini untuk pertama kali digelar di Jerman dan dipusatkan di kompleks olahraga yang dibangun rezim Nazi untuk menggelar Olimpiade 1936.

Sebagai pengingat masa lalu, pengelola ajang olahraga Yahudi ke-14 ini menggelar upacara mengenang tragedi Holocaust sebelum pesta pembukaan. Selanjutnya, para atlet muda ini akan mengunjungi lokasi bekas kamp konsentrasi Sachsenhausen yang terletak di luar kota Berlin.

Penyelenggara mengatakan, sebuah keputusan sulit untuk menggelar ajang ini di Berlin. Namun, kegiatan ini sebaiknya dilihat sebagai sebuah tanda rekonsiliasi pada 70 tahun setelah berakhirnya Perang Dunia II.

Dalam sambutan tertulisnya, Kanselir Angela Merkel mengatakan bahwa Jerman sangat berterima kasih atas pulihnya keragaman kehidupan warga Yahudi di negeri itu dan atas pulihnya kepercayaan para tamu dari luar negeri.

Sementara itu, Presiden Jerman Joachim Gauck, Presiden Kongres Yahudi Dunia Ronald Lauder, dan beberapa tokoh lain diharapkan hadir dalam upacara pembukaan.

Pesta Olahraga Maccabi Eropa digelar empat tahun sekali, dan kota Vienna, Austria, menjadi tuan rumah edisi terakhir. Dalam ajang ini, dipertandingkan olahraga bola basket, sepak bola, hoki, renang, catur, dan bridge.

Tahun ini, sebanyak 2.300 atlet dari 38 negara diharapkan tampil berlaga di 19 cabang olahraga. Sebanyak 600 petugas polisi dikerahkan untuk mengamankan ajang yang akan digelar hingga 5 Agustus mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com