Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arkeolog Remaja Temukan Gigi Manusia Purba Berusia 560.000 Tahun

Kompas.com - 28/07/2015, 16:32 WIB
TOULOUSE, KOMPAS.com — Seorang sukarelawan arkeologi berusia 16 tahun menemukan sebuah gigi manusia dewasa berusia 560.000 tahun di wilayah barat daya Perancis, Selasa (28/7/2015).

"Sebuah gigi orang dewasa. Kami belum bisa memastikan apakah gigi ini milik seorang pria atau wanita, ditemukan dalam sebuah penggalian tanah yang kami ketahui berusia antara 550.000 hingga 580.000 tahun karena kami menggunakan metode pengukuran usia yang berbeda," kata ahli paleoantropologi, Amelie Viallet.

"Ini adalah sebuah penemuan besar karena sejauh ini hanya ditemukan sedikit sekali fosil manusia dari masa-masa itu di Eropa," kata Amelie.

Gigi itu ditemukan di sebuah situs purbakala terpenting di Tautavel, yang sudah digali selama 50 tahun dan telah ditemukan 600.000 benda purbakala. Di lokasi ini, juga ditemukan fosil manusia Tautavel, sebuah spesies manusia yang diperkirakan hidup pada 450.000 tahun lalu.

Si penemu gigi purba itu adalah Camille (16) yang sedang bekerja bersama beberapa arkeolog muda lainnya. Gigi yang kemudian dinamai Arago 149 itu diyakini adalah sebuah gigi seri seorang manusia dewasa.

Meski kondisi gigi itu tak terlalu baik, para peneliti berharap penemuan berharga itu bisa digunakan untuk meneliti morfologi manusia-manusia pertama Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber the local
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com